Selasa, 09 Februari 2010

Menghormati Uang

Uang bukan segalanya, tapi setiap orang dalam kehidupan ini membutuhkan uang dalam menjalani hidup dan tidak heran bila uang dapat mengakibatkan perselisihan, kebahagiaan, bahkan kematian kepada yang memilikinya. Berbagai cara dilakukan orang-orang untuk mendapatkan uang tersebut. Entah dengan cara halal atau bahkan dengan tidak halal. Setiap tempat, daerah, dan agama, memiliki suatu keyakinan terhadap mujisat uang baik secara ekonomis atau dengan kata lain selain sebagai nilai tukar ekonomis, uang merupakan simbol terkait adat & kepercayaan, sehingga uang menjadi salah satu kelengkapan hubungan sosial antara sesama manusia, dengan alam, juga kepada yang maha gaib.

Melihat tradisi di Bali tentang adanya suatu upacara khusus terhadap pemujaan uang yang jatuh pada Rabu Wage, Wuku Klawu atau lebih dikenal Buda Cemeng Klawu yang jatuh setiap 210 hari sekali.
Perayaan Rairan/Hari Raya Suci/Piodalan Sri Rambut Sedana atau lazimnya sering disebut Rambut Sedana memiliki pengertian secara harfiah, “Sri” yang berati uang, dan “Sedana” berarti uang atau dengan kata lain bagian dari nafkah yang perayaannya dilakukan di setiap rumah tangga.

Untuk itu, perlu kiranya kita menghormati uang dalam kehidupan ini, sehingga nantinya dapat memberikan aura positif sehingga uang yang dihasilkan tersebut dapat memberi hasil yang maksimal dalam kehidupan guna menunjang berbagai kebutuhan hidup yang semakin kompleks. Memiliki banyak uang menjadi suatu ukuran kesuksesan yang dinilai oleh sebagian besar orang didunia. Namun perlu dicatat, bagaimana orang tersebut memperoleh uang, menggunakannya, terutama untuk kesejahteraannya sendiri termasuk terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya.

Saatnya kita ikut berbagi dengan yang kita miliki, walau sedikit, namun akan menjadi suatu hal yang berharga, karena uang yang kita miliki tersebut tidaklah kekal adanya.


1 komentar:

Kaos Bali mengatakan...

Uang harus diupacarai agar memberi aura positif sebagai simbol penghormatan kepada Bhatara Rambut Sedana yang telah memeberi kemakmuran di dunia ini.