Minggu, 13 Desember 2009

Peluang Sukses

Peluang. Peluang apakah itu? Peluang bermacam-macam. Mulai dari peluang  usaha, peluang kerja, peluang waktu, peluang bisnis, peluang cinta, peluang selingkuh, dan masih banyak lagi. Lebih baik kita bahas peluang sukses saja. Banyak dari kita khawatir melangkah ketika peluang tersebut kecil. Padahal di belahan bumi lain banyak yang menjadikan kondisi ini sebagai jalan menjadi pemenang. Dalam dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, semua memiliki peluang yang sama besarnya selama kita yakin kita bisa. Permasalahannya tinggal bagaimana kita melihat tersebut sebagai peluang yang memotivasi diri kita menggapai sebuah kata bernama sukses.

Tanpa kita sadari dan sering kita lewatkan suatu peluang-peluang tertentu yang bisa memberi kita suatu awal sebuah kesuksesan. Dia hanya lewat saja, entah itu sepintas dipikiran kita, melalu Itanda-tanda seperti mimpi, atau petunjuk lainnya. Misalnya kita berjalan di pantai bersama teman. Pemandangan pantai yang indah dan menarik membawa dayaa tarik kepada orang-orang untuk berkunjung ke Pantai tersebut, termasuk wisatawan mancanegara. Prospek Pantai ini terlihat bagus dan kedepan akan semakin berkembang seiring kemajuan dan peningkatan kunjungan masyarakat.

Kalau saya sepintas melihat peluang di kawasan Pantai tersebut, perlu sarana akomodasi pariwisata. Seperti kawasan Pantai-Pantai di sejumlah tempat di Bali. Dulunya kawasan tersebut hanya pantai saja tanpa pedagang, restoran, rumah makan, hotel, penginapan, villa, dan lain-lain, paling hanya sejumlah nelayan yang bisa dihitung dengan jari yang sedang asik memancing. Ide-ide bisnis mulai muncul dengan bekerja sama dengan pihak pengelola setempat misalnya Desa atau perkumpulan tertentu. Kita coba adakan musyawarah diskusi, termasuk pemerintah dan berusaha menarik sejumlah investor lokal ataupun internasional untuk turut mengembangkan kawasan Pantai tersebut yang nantinya bisa menjadi Pantai wisata. Penting juga dijaga dalam perjanjian dengan pihak-pihak terutama pihak asing, agar tidak seenaknya nanti dalam mengembangkan kawasan Pantai ini dengan tidak menjaga kesucian ataupun budaya-budaya luhur yang terkandung di kawasan tersebut.

Banyak lagi peluang untuk mencapai sukses tidak saja di bisnis pariwisata. Misalnya saja yang berkeinginan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sering kita dengar perekrutan PNS tidak luput dari isu Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN). Menurut saya, hal-hal yang seperti itu akan  membawa dampak buruk bagi perkembangan bangsa kita kedepan. Melahirkan orang-orang yang bermental Korup. Apabila ada perekrutan Calon PNS, usahan ikut saja, (manfaatkan peluang yang ada) jangan hiraukan pendapat-pendapat negatif tentang isu-isu suap dan sebagainya. Belajar materi-materi soal, Ebook, diskusi dengan teman. Banyak orang yang lulus menjadi PNS dengan belajar, melalui persiapan yang matang. Ketika lulus nanti tentu menjadi sebuah angugrah dan kebanggaan tersendiri yang patut disyukuri dibandingkan lulus dengan cara yang tidak halal.

Peluang sukses setiap orang tentu berbeda-beda. Manfaatkan peluang tersebut, jangan sia-siakan!

1 komentar:

Mari Bisnis Yuk mengatakan...

ayo gunakan peluang tersebut untuk bisnis..!!